Benny
Suhendro Tambun_1102100154
SOSTAC Pada
Digital Marketing
Pada resume yang baru saya buat ini ini akan dipaparkan pengertian dan peranan SOSTAC pada digital marketing dari berbagai sumber
baik e-book maupun ulasan ulasan dari internet, secara umum
menurut saya SOSTAC pada digital
marketing merupakan suatu metode dalam perencanaan pemasaran (marketing plan) agar lebih efektif dalam
pengimplementasian digital marketing pada suatu perusahaan atau pemasaran
produk tertentu.
Bisa dikatakan juga sebagai kerangka perancanaan yang realtif sederhana untuk mengidentifikasi masalah masalah marketing pada suatu pemasaran produk atau perusahaan kemudian dibahas satu persatu mulai dari Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action dan yang terakhir Control disingkat menjadi (SOSTAC). Sejarah SOSTAC awal mulanya dikembangkan oleh Paul R. Smith pada tahun 1990-an. Berikut lampiran gambar SOSTAC secara gambaran umum yang saya kutip dari kumpulan gambar ulasan SOSTAC di internet dengan, source http://www.searchmuse.com/blog/2012/12/11/digital-planning-real-world-sostac.html
Bisa dikatakan juga sebagai kerangka perancanaan yang realtif sederhana untuk mengidentifikasi masalah masalah marketing pada suatu pemasaran produk atau perusahaan kemudian dibahas satu persatu mulai dari Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action dan yang terakhir Control disingkat menjadi (SOSTAC). Sejarah SOSTAC awal mulanya dikembangkan oleh Paul R. Smith pada tahun 1990-an. Berikut lampiran gambar SOSTAC secara gambaran umum yang saya kutip dari kumpulan gambar ulasan SOSTAC di internet dengan, source http://www.searchmuse.com/blog/2012/12/11/digital-planning-real-world-sostac.html
Pada paragraf selanjutnya akan
dibahas penjelasan SOSTAC secara bertahap dan perananannya untuk menciptakan
posisi yang strategis sehingga dapat menghasilkan marketing plan yang efektif pada suatu perusahaan atau pemasaran
suatu produk;
1. Situation Analysis
Merupakan tahap pertama pada metode
SOSTAC bertujuan untuk menganalisa situasi dari proses pemasaran yang sedang
berjalan pada perusahaan. Pada tahap pertama ini perusahaan berperan mengumpulkan
berbagai informasi dan data data yang
dibutuhkan mengenai keadaan internal dan eksternal perusahaan sehingga mereka
tahu konsisi perusahaan mereka pada kondisi pasar sesungguhnya (market place). Salah satunya melakuakan analisis
kondisi atau tingkat keefektifan dari aktivitas marketing yang sudah berjalan, sehingga dihasilkan analisis yang
dapat digunakan sebagai bahan menyusun strategi marketing yang baru nantinya.
Pada tahap Situation Analysis dapat
dibantu dengan menggunakan analisis SWOT (Strength,
Weakness, Opportunity, Threats) pada customer dan lingkungan dan yang
terpenting sudah bagaimana brand
perception akan produk perusahaan tersebut yang mempengaruhi kinerja
perencanaan pemasaran, sehingga pada tahap pertama ini akan ditemukan kira kira
seperti gambaran marketing plan dan indikator indikator baik dari dalam maupun
luar perusahaan.
2. Objectives
Setelah selesai tahap pertama
selanjutnya yaitu objectives, setelah
mengetahui posisi perusahaan saat ini selanjutnya perusahaan menentukan point
point tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Tahapan ini merupakan tahapan yang
sangat vital karena merupakan tahapan sebagai pedoman perusahaan nantinya untuk mengambil strategi strategi yang sesuai
dengan harapan target marketing yang
diingnkan perusahaan, dengan kata lain perusahaan menjadi fokus dengan tahapan
tahapan menuju goal / tujuan
perusahaan tersebut, tidak ada waktu atau energi yang terbuang untuk mengurusi
hal lain yang berada di luar outline tujuan perusahaan. Dan tentunya pada akhir
pelaksanaan program program marketing nantinya akan mempermudah dalam tahap evaluasi
karena sudah dibuat batasan batasan tujuannya (objectives).
3. Strategy
Selanjutnya merupakan tahap strategy, yang mana juga merupakan salah
satu bagian terpenting pada metode SOSTAC, pada tahap ketiga ini dirumuskan
strategi- strategi digital marketing atau e-marketing yang akan digunakan dan
diselaraskan dengan tujuan tujuan pada tahap sebelumnya. Dapat dibuat beberapa
rencana strategi kemudian dipilih strategi mana yang terbaik untuk digunakan
dan rencana strategi lainnya dapat sebagai cadangan strategi jika mungkin
terjadi suatu worse scenario pada
pelaksanaan nantinya. Point point penting sebagai bahan perhatian seperti product, price, promotion, positioning,
place, business model, segmentation market, targeting dan brand proposition Sebagai inti strategi
strategi tersebutlah yang merupakan pedoman yang dijalankan untuk mencapai
tujuan yang telah ditetapkan.
4. .Tactics
Merupakan tahapan dimana berisikan
langkah langkah berdasarkan strategi yang telah disusun perusahaan
Dan pada tahap ini perusahaan dituntut untuk mampu memikirkan dan mengimplementasikan sebuah taktik yang paling pas pada eksekusi di lapangan nantinya. Taktik merupakan penjabaran detail dari langkah-langkah atau tahap-tahap yang akan dilakukan untuk pelaksanaan sebuah strategi yang akan digunakan guna mencapai tujuan tujuan marketing secara khusus maupun tujuan perusahaan secara umum. Karena istilahnya dalam dunia perang strategi tanpa taktik yang tidak jelas akan sia sia dan hanya siap sebagai korban keganasan perang, demikian halnya dalam digital marketing sangat berkaitan erat antara keduanya.
Dan pada tahap ini perusahaan dituntut untuk mampu memikirkan dan mengimplementasikan sebuah taktik yang paling pas pada eksekusi di lapangan nantinya. Taktik merupakan penjabaran detail dari langkah-langkah atau tahap-tahap yang akan dilakukan untuk pelaksanaan sebuah strategi yang akan digunakan guna mencapai tujuan tujuan marketing secara khusus maupun tujuan perusahaan secara umum. Karena istilahnya dalam dunia perang strategi tanpa taktik yang tidak jelas akan sia sia dan hanya siap sebagai korban keganasan perang, demikian halnya dalam digital marketing sangat berkaitan erat antara keduanya.
5. Actions
Setelah taktik selesai dirumuskan
maka saatnya untuk menjalankan taktik tersebut di lapangan market place yang sebenarnya . Dapat dibuat berupa rangkaian proses
kerja yang terstruktur dan terjadual dapat berupa flow chart, gantt chart, table table activity based time dan tak
kalah penting mempersiapkan manajemen resiko yang mungkin terjadi saat eksekusi
taktik di lapangan dan juga
mempersiapkan siapa, kapan dan bagaimana yang bertanggung jawab pada tiap tiap business process, perencanaan budget,
alokasi sumber daya secara detail, sehingga dapat menimalisir hal hal yang
dapat menghambat mencapai tujuan perusahaan.
6. Control
Dan pada tahap terakhir yaitu
proses control, merupakan tahapan untuk memeriksa atau mengevaluasi secara
berkala apakah action sesuai tujuan
perusahaan sudah berhasil atau berjalan belum dengan maksimal, dan jika masih
belum maksimal hal hal apa yang menjadi penghambat di lapangan sehingga dapat
menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan strategi selanjutnya. Hampir sama dengan
prinsip orang teknik yaitu tidak ada metode yang sempurna tapi pasti ada metode
yang lebih baik.
Demikian pemaparan tentang SOSTAC
dari berbagai sumber yang telah saya baca, semoga dapat bermanfaat.
Dapat referensi dari buku mana ya ka?
BalasHapus