Rabu, 21 Mei 2014

SOSTAC



Benny Suhendro Tambun_1102100154

SOSTAC Pada Digital Marketing

Pada resume yang baru saya buat ini ini akan dipaparkan pengertian dan peranan SOSTAC pada digital marketing dari berbagai sumber baik e-book maupun  ulasan ulasan dari internet, secara umum menurut saya SOSTAC pada digital marketing merupakan suatu metode dalam perencanaan pemasaran (marketing plan) agar lebih efektif dalam pengimplementasian digital marketing pada suatu perusahaan atau pemasaran produk tertentu.
            Bisa dikatakan juga sebagai kerangka perancanaan yang realtif sederhana untuk mengidentifikasi masalah masalah marketing pada suatu pemasaran produk atau perusahaan kemudian dibahas satu persatu mulai dari Situation Analysis, Objectives, Strategy, Tactics, Action dan yang terakhir Control disingkat menjadi  (SOSTAC).  Sejarah  SOSTAC awal mulanya dikembangkan oleh Paul R. Smith pada tahun 1990-an. Berikut lampiran gambar SOSTAC secara gambaran umum yang saya kutip dari kumpulan gambar ulasan SOSTAC di internet dengan, source
http://www.searchmuse.com/blog/2012/12/11/digital-planning-real-world-sostac.html

Pada paragraf selanjutnya akan dibahas penjelasan SOSTAC secara bertahap dan perananannya untuk menciptakan posisi yang strategis sehingga dapat menghasilkan marketing plan yang efektif pada suatu perusahaan atau pemasaran suatu produk;

1.       Situation Analysis

Merupakan tahap pertama pada metode SOSTAC bertujuan untuk menganalisa situasi dari proses pemasaran yang sedang berjalan pada perusahaan. Pada tahap pertama ini perusahaan berperan mengumpulkan berbagai  informasi dan data data yang dibutuhkan mengenai keadaan internal dan eksternal perusahaan sehingga mereka tahu konsisi perusahaan mereka pada kondisi pasar sesungguhnya (market place). Salah satunya melakuakan analisis kondisi atau tingkat keefektifan dari aktivitas marketing yang sudah berjalan, sehingga dihasilkan analisis yang dapat digunakan sebagai bahan menyusun strategi marketing yang baru nantinya.
Pada tahap Situation Analysis dapat dibantu dengan menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) pada customer dan lingkungan dan yang terpenting sudah bagaimana brand perception akan produk perusahaan tersebut yang mempengaruhi kinerja perencanaan pemasaran, sehingga pada tahap pertama ini akan ditemukan kira kira seperti gambaran marketing plan dan indikator indikator baik dari dalam maupun luar perusahaan. 

2.       Objectives

Setelah selesai tahap pertama selanjutnya yaitu objectives, setelah mengetahui posisi perusahaan saat ini selanjutnya perusahaan menentukan point point tujuan yang ingin dicapai perusahaan. Tahapan ini merupakan tahapan yang sangat vital karena merupakan tahapan sebagai pedoman perusahaan nantinya  untuk mengambil strategi strategi yang sesuai dengan harapan target marketing yang diingnkan perusahaan, dengan kata lain perusahaan menjadi fokus dengan tahapan tahapan menuju goal / tujuan perusahaan tersebut, tidak ada waktu atau energi yang terbuang untuk mengurusi hal lain yang berada di luar outline tujuan perusahaan. Dan tentunya pada akhir pelaksanaan program program marketing  nantinya akan mempermudah dalam tahap evaluasi karena sudah dibuat batasan batasan tujuannya (objectives).

3.      Strategy

Selanjutnya merupakan tahap strategy, yang mana juga merupakan salah satu bagian terpenting pada metode SOSTAC, pada tahap ketiga ini dirumuskan strategi- strategi digital marketing atau e-marketing yang akan digunakan dan diselaraskan dengan tujuan tujuan pada tahap sebelumnya. Dapat dibuat beberapa rencana strategi kemudian dipilih strategi mana yang terbaik untuk digunakan dan rencana strategi lainnya dapat sebagai cadangan strategi jika mungkin terjadi suatu worse scenario pada pelaksanaan nantinya. Point point penting sebagai bahan perhatian seperti product, price, promotion, positioning, place,  business model, segmentation market, targeting dan brand proposition Sebagai inti strategi strategi tersebutlah yang merupakan pedoman yang dijalankan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


4.     .Tactics

Merupakan tahapan dimana berisikan langkah langkah berdasarkan strategi yang telah disusun  perusahaan
Dan pada tahap ini perusahaan dituntut untuk mampu memikirkan dan mengimplementasikan sebuah taktik yang paling pas pada eksekusi di lapangan nantinya. Taktik merupakan penjabaran detail dari langkah-langkah atau tahap-tahap yang akan dilakukan untuk pelaksanaan sebuah strategi yang akan digunakan guna mencapai tujuan tujuan marketing secara khusus maupun tujuan perusahaan secara umum. Karena istilahnya dalam dunia perang strategi tanpa taktik yang tidak jelas akan sia sia dan hanya siap sebagai korban keganasan perang, demikian halnya dalam digital marketing sangat berkaitan erat antara keduanya.

5.      Actions

Setelah taktik selesai dirumuskan maka saatnya untuk menjalankan taktik tersebut di lapangan market place yang sebenarnya . Dapat dibuat berupa rangkaian proses kerja yang terstruktur dan terjadual dapat berupa flow chart, gantt chart, table table activity based time dan tak kalah penting mempersiapkan manajemen resiko yang mungkin terjadi saat eksekusi taktik di lapangan  dan juga mempersiapkan siapa, kapan dan bagaimana yang bertanggung jawab pada tiap tiap business process, perencanaan budget, alokasi sumber daya secara detail, sehingga dapat menimalisir hal hal yang dapat menghambat mencapai tujuan perusahaan.

 6.   Control

Dan pada tahap terakhir yaitu proses  control, merupakan tahapan untuk memeriksa atau mengevaluasi secara berkala apakah action sesuai tujuan perusahaan sudah berhasil atau berjalan belum dengan maksimal, dan jika masih belum maksimal hal hal apa yang menjadi penghambat di lapangan sehingga dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan strategi selanjutnya. Hampir sama dengan prinsip orang teknik yaitu tidak ada metode yang sempurna tapi pasti ada metode yang lebih baik.

Demikian pemaparan tentang SOSTAC dari berbagai sumber yang telah saya baca, semoga dapat bermanfaat.

2 komentar: